Anakku Alergi Susu Sapi, Bagaimana Ya?

foto gejala anak alergi susu sapi timbul ruam merah di wajahSelama hampir 1 tahun kami membuka toko online RajaMakananBayi.com, semakin sering kami mendengar bahwa customer kami memiliki bayi yang alergi umumnya alergi susu sapi. Hal ini membuat kami penasaran dan mencari tahu penyebab mengapa bayi bisa alergi susu sapi, berikut penjelasannya yang kami ambil dari situs Wikipedia :

Alergi susu adalah suatu reaksi ketidak-tahanan tubuh terhadap satu atau lebih protein susu. Pada beberapa anak, mengkonsumsi susu dapat memicu badan untuk mengeluarkan reaksi kekebalan tubuh yang tidak tepat terhadap protein-protein di dalam susu, yang mengakibatkan suatu reaksi alergi.

Gejala-gejala utamanya biasanya terkait pencernaan, kulit dan pernapasan. Ini dapat muncul dalam bentuk: ruam kulit, gatal-gatal, bersin, muntah, diare, sembelit dan mual. Secara klinis, alergi susu dapat menyebabkan gangguan: reaksi anaphylactic, gangguan kulit atopi, sesak napas, kejang perut pada bayi, gastroesophageal reflux (GER), oesophagitis, alergi colitis dan susah buang air besar.

Reaksi cepat adalah gejala alergi yang muncul hitungan menit setelah penderita mengkonsumsi susu, atau dalam kasus reaksi tertunda gejala alergi akan muncul setelah beberapa jam (bahkan beberapa hari) setelah mengkonsumsi susu.

Wah.. terus kalau anakku ada alergi harus mengkonsumsi apa donk kalau susu sapi tidak boleh?

Jangan kuatir ibu-ibu, setiap masalah pasti ada solusinya koq. Berikut beberapa solusi yang ibu-ibu bisa coba ya :

  • Konsultasikan dengan dokter anak Anda terlebih dahulu mengenai alergi anak ibu dan mintalah saran makanan bayi alergi apa dan merk apa yang direkomendasikan.
  • Berikan Air Susu Ibu (ASI) buat bayi Anda sebagai pengganti susu formula, tetapi bagi ibu-ibu yang ASI nya tidak keluar maka ganti susu sapi dengan susu kedelai, susu beras / tajin, susu formula rendah yang bebas asam amino.
  • Terapi dengan mencoba melawan dengan penyebab alergi itu sendiri setahap demi setahap. Cari dahulu penyebab alerginya, lawan penyebab alergi setahap demi setahap sambil diamati perkembangannya karena kasihan juga si anak kalau harus menghindari semua makanan yang mengandung susu sapi untuk selamanya.
  • Konsumsi produk-produk Makanan Bayi yang tidak mengandung susu sapi, seperti Gerber Cereal, Gerber Puffs, Happy Bellies Organic Cereal, Happy Baby Organic Puffs, dll (bisa dikonsultasikan dengan kami lebih lanjut).

Untuk bayi yang sudah mengalami gejala alergi berupa ruam pada kulit bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit bayi Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash maupun Aveeno Baby Soothing Relief Diaper Rash Cream.

Semoga informasi diatas bisa membantu.

Sharing is Sexy – Rivermaya

This entry was posted in Diskusi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *